PT. JNE adalah pelopor jasa kurir pengiriman barang
terkemuka di Indonesia yang berdiri dari tahun 1990 terus berkembang dan
meningkatkan kwalitas daya saing dalam bidang jasa pengiriman. Di era
globalisasi dan pertumbuhan E-commers di Indonesia PT. JNE berperan penting
dalam jasa pengiriman dengan mottonya yaitu Just in time, untuk mengembangkan
bisnisnya PT. JNE membuat terobosan dengan “menjemput bola” dalam artian
menjemput setiap kiriman paket yang akan dikimkan langsung ke pelanggan dengan
syarat dan ketentuan yang ditetapkan serta memberikan garansi akan tiba tepat
waktu dan paket kiriman dapat dilacak melalui smartphone dan web browser.
Dengan bertumbunya E-commers di
Indonesia membuat PT. JNE tidak bisa hanya menjalankan bisnis jasa pengiriman
seperti biasanya tetapi harus dapat juga mengikuti perkembangan agar tidak
tersaingi oleh jasa kurir yang lain. PT. JNE harus mengembangkan pola bisnis
yang baru dengan memanfaatkan CRM (Customer Relationship Management) agar para
konsumen tidak akan pindah ke jasa pengiriman lain dan menarik calon konsumen
baru agar menggunakan jasa pengiriman PT. JNE. Contoh dari pemanfaatan CRM
ialah dengan membuat royal para konsumen tetap dengan memberikan bonus,
potongan harga (discount) dan pelayanan yang prima.
Disatu sisi PT. JNE memiliki
keunggulan dalam profesionalisme dan kepercayaan konsumen akan pengiriman jasa
baik dalam dan luar negeri yang berlangsung lama para pesaing juga melihat dan
mempelajari cara PT. JNE bekerja dan mencoba untuk merebut para konsumen PT.
JNE dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan PT. JNE dan
pelayanan yang tidak jauh berbeda, untuk itulah harus ada perubahan dalam
sektor bisnis dengan memanfaaatkan CRM
Dengan menganalisa gejala-gejala permasalahan tersebut, kami
dapat menarik kesimpulan mengenai suatu peluang pengembangan sebuah aplikasi
CRMyang diterapkan pada PT. JNE. Aplikasi tersebut berbentuk web dan smartphone
yang terkoneksi dengan alamat email yang didaftarkan oleh konsumen sewaktu
mengisi data jasa pengiriman PT. JNE , email tersebut akan di olah dan di
simpan dalam data base pelanggan dengan pembangian dan fase-fase yang berbeda
dimana ada pelanggan tetap, pelanggan baru dan calon pelanggan. Aplikasi ini
dibangun dengan tampilan user interface yang user friendly, sehingga bagi
pengguna yaitu pegawai PT. JNE bisa menggunakannya dengan mudah. Tampilan
dibuat menggunakan Macromedia Dreamweaver 8 dan Macromedia Flash 8, Database
menggunakan MySql, PHP, HTML 5 dan yang terpenting coding pemrograman
menggunakan PHP.
Pengembangan sistem ini dimaksudkan untuk meningkatkan
kinerja dari PT. JNE dan mendukung menjadi yang terbaik dalam jasa pengiriman
berbasis nasional, namun menjadi yang berbasis internasionaldengan sistem informasi
kedepannya.
Rumusan Masalah
Aplikasi ini dibuat untuk PT. JNE , aplikasi ini dapat
membantu kinerja perusahaan yang sebelumnya menggunakan sistem lama tanpa CRM
untuk melakukan setiap kegiatannya. Sistem baru ini dapat membantu kinerja
perusahaan lebih cepat dan terkomputerisasi seperti pendaftaraan pelanggan baru,
pencarian paket, menentukan harga, pengembalian barang, perhitungan jarak
dengan tarif, pemeliharaan data pelanggan, menetapkan voucer potongan harga
bagi pelanggan tetap, menarik pelanggan baru dengan pengiriman gratis dengan
syarat tertentu, menjaga hubungan antara pelanggan tetap dan baru. Aplikasi ini
berbentuk web yang penggunaannya diperuntukkan bagi pegawai perpustakaan.
Sistem ini dibangun menggunakan beberapa software :
1. Coding pemrograman menggunakan bahasa
PHP, HTML 5
2. Database menggunakan MySql, Oracle
3. Tampilan sistem informasi
menggunakan Macromedia Dreamweaver 8, Bootstrap dan macromedia
Flash 8.
Batasan Masalah
Batasan Masalah dari perumusan masalah diatas adalah sebagai
berikut :
1. membahas tentang proses :
a. pendaftaraan
pelanggan
b. Pencarian order pelanggan
c. Pencarian paket
d. menentukan harga dan estimasi
e. Pengembalian barang
(retur)
f. Pemberian voucer/ Bonus
g. mencari
pelanggan baru
2. Tidak membahas tentang jaringan
antar wilayah ( pusat dan rekanan)
3. Tidak membahas tentang
pembuatan laporan.
4. Sistem informasi berbasis
web yang penggunaannya hanya untuk pegawai PT. JNE
Pada proposal ini kami tim
pengembang ingin memberikan batasan masalah. Dalam membangun Aplikasi CRM “PT.
JNE” yaitu hanya pada pembuatan aplikasi web. Aplikasi ini di tujukan
untuk pegawai PT. JNE untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan sebagai
pengembangan media sasaran bisnis yang baru.
Ruang Lingkup Proyek Sistem
Proyek sistem informasi CRM “PT. JNE” yang akan dikembangkan
memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan yaitu sebagai berikut:
1.
Menganalisis setiap prosedur-prosedur yang berhubungan dengan pendaftaraan pelanggan,
pencarian order pelanggan, pencarian paket,
menentukan harga, pengembalian barang, perhitungan jarak dengan tarif,
pemeliharaan data pelanggan, menetapkan voucer potongan harga bagi pelanggan
tetap, menarik pelanggan baru dengan pengiriman gratis dengan syarat tertentu,
menjaga hubungan antara pelanggan tetap dan baru.
2. Mendesain
sistem sistem utama aplikasi sistem informasi CRM PT. JNE
3. Pembuatan aplikasi
sistem informasi CRM PT. JNE
4. Pelatihan
terhadap pegawai PT. JNE
5. Pemeliharaan
sistem pada aplikasi yang akan dibuat
6. Dokumentasi
sistem yang telah di buat
Menerapkan serta melakukan percobaan sistem informasi ini
sampai dengan penerapan sistem informasi ini secara berjalan dengan baik.
Modul Pengembangan
1. Modul
databasepelanggan
2. Modul
pendaftaraan anggota
3. Modul pencarian
paket
4. Modul
pengorganisasian data
5. Modul
pemeliharaan database
Manfaat Pengembangan Sistem
Manfaat dari pengembangan sistem ini adalah sebagai berikut
:
1. Meningkatkan
pelayanan PT. JNE
2.
Memudahkan pelanggan untuk pendaftaraan, menghitung estimasi biaya.
3. Mengembangkan sistem lama
ke dalam sistem baru yang lebih terkomputerisasi.
4. Mempermudah untuk data
pelanggan.
5. Menarik Pelanggan baru dan memberikan
potongan harga ke pada pelanggan yang lama agar tidak pindah ke jasa pengiriman
yang lain.
6. Menjalin hubungan antar pelanggan dan
perusahaan dan meningkatkan kepercayaan
7. Pemeliharaan
data lebih cepat dan mudah dilakukan.
Tujuan Perencanaan Proyek
Tujuan dirancangnya proyek sistem informasi perpustakaan ini
antara lain:
1.
Mengurangi dan meminimalisir pelanggan untuk pindah ke jasa pengiriman lain dan
pengembangan bisnis baru.
2.
Proses pemeliharan data dapat dilakukan dengan pengarsipan melalui media
komputer dan proses pemeliharaannya jauh lebih mudah jika dilakukan dengan
komputerisasi.
Solusi yang di usulkan
1. Mudah
digunakan dengan berbagai fasilitas menu yang terintegrasi mulai dari data
pelanggan, pengolahan pencarian barangpencarian paket, menentukan harga,
pengembalian barang, perhitungan jarak dengan tarif, pemeliharaan data
pelanggan, menetapkan voucer potongan harga bagi pelanggan tetap, menarik
pelanggan baru dengan pengiriman gratis dengan syarat tertentu, menjaga
hubungan antara pelanggan tetap dan baru.
2. Praktis dan cepat
3. Fungsional dan akurat
4. Terintegrasi antara
pusat dan rekanan di daerah
5. Jaminan pemeliharaan
(purna jual) yang berkesinambungan dan murah
Hasil yang diharapkan
Menghasilkan beberapa laporan atau hasil print out yang
dibutuhkan, antara lain:
1. Nomor resi(register
pelanggan) secara otomatis.
2. Barcode nomor anggota
tetap/ baru
4. Statistik (penggunaan
jasa )
5. Stock gudang dan
pencarian barang
6. Laporan pencarian
barang dan jumlah barang
7. Kontrak pelanggan
(email untuk di berikan penawaran)
Pelaksanaan Proyek
Kegiatan dan waktu pelaksanaan
|
Januari
|
Maret
|
April
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Analisis Kebutuhan
|
||||||||||||
Design fungsi
|
||||||||||||
Pemograman
|
||||||||||||
Pengujian
|
||||||||||||
Instalasi
|
||||||||||||
Pelatihan
|
||||||||||||
Pemeliharaan
|
||||||||||||
Dokumentasi
|
Rancangan Biaya Sistem Informasi
1.
Biaya persiapan
Tipe Requitment
|
Spesifikasi
|
Harga Satuan ( Rupiah )
|
Software
|
Macromedia dreamweaver 8
HTML 5
Macromedia flash 8
My SQL Server
Domain & Hosting
|
1.700.000
1.700.000
-
200.000/bulan
|
Hardware
|
1 Paket Komputer ( PC )
Modem Eksternal
1 Printer
|
4.800.000
500.000
3.550.000
|
JUMLAH
|
12.450.000
|
2. Biaya
Pengerjaan :
No.
|
Perincian
|
Biaya ( Rupiah )
|
1
|
Analisis kebutuhan
|
5000.000
|
2
|
Design Fungsi
|
3000.000
|
3
|
Pemograman
|
3. 200. 000
|
4
|
Pengujian
|
1.000.000
|
5
|
Instalasi
|
2.500.000
|
6
|
Pelatihan
|
2.500.000
|
7
|
Pemeliharaan
|
2000.000
|
8
|
Dokumentasi
|
1000.000
|
Jumlah
|
20.200.000
|
Tenaga Pelaksana
Untuk mengembangkan sistem Informasi CRM “PT. JNE”
berbasis web, maka dibutuhkan tim pengembang yang kompeten di bidangnya
masing-masing, sebagai berikut:
1.
Project Manager dan System Analisis
: Esa Saputra Y
2.
Database
Engineering
: M. Bani
Nurcahyo
3.
Graphic and Software Engineer : M. Ridho
H
Metodologi
Metodologi merupakan elemen yang paling mendasar dari suatu
proses bisnis. Berikut ini adalah suatu metodologi untuk merealisasikan proyek
Aplikasi Sistem Informasi perpustakaan Berbasis Web, tahapannya sebagai
berikut:
1.
Analisis Kebutuhan
Mempelajari proses-proses dan indentifikasi data-data yang
dibutuhkan, dalam perancangan suatu aplikasi informasi percetakaan berbasis
web. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan dalam hal ini untuk
meningkatkan pelayanan efesiensi dan keputusan.
2.
Desain Fungsi
Melakukan desain sistem secara detail, mulai
dari Context Diagram, Data Flow Diagram (DFD),
desain file, desain tabel, relasi tabel dan sebagainya sehingga
membentuk sistem lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.
3.
Pemograman
Melakukan coding untuk merealisasikan desain
fungsi yang telah dibuat. Lama Pengerjaan, kerumitan dan Jumlah
baris coding menentukan besar-kecilnya harga Aplikasi yang dibuat.
4.
Pengujjian
Melakukan beberapa testing dengan uji prilaku (behavior
testing), focus terhadap input dan output, dan testing terhadap fungsionalitas
sistem.
5.
Instalasi
Mengganti sistem lama dengan menempatkan sistem baru
yang telah dibuat, jika hasil dari suatu proses pengujian sudah sesuai dengan
fungsinya.
6.
Pelatihan
Sebelum aplikasi program dijalankan/ kunjungi oleh user,
pihak developer proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih pegawai PT.
JNE yang hendak mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak
pengembang juga berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka
sehingga tidak menyulitkan para pengguna aplikasi selanjutnya.
7.
Pemeliharaan
Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja
setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga tenggang waktu yang
cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang telah diserahkan
tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.
8.
Dokumentasi
Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen.
Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai
referensi untuk bug bila terjadi kendala, sebagai pedoman operasional
dan sebagainya.
Kelayakan Hukum
Secara hukum, seluruh perangkat baik software maupun
hardware termasuk prosedur-prosedur yang akan digunakan tidak menyalahi
ketentuan yang berlaku di negara Indonesia serta ketentuan perusahaan.
Jaminan Purna Jual
SURAT PERNYATAAN JAMINAN
Yang bertanda tangan di
bawah ini :
1. Nama :
Esa Saputra Yunus
2. Penanggung
Jawab :
PT. Maju Maju
3. Alamat
Perusahaan :
Gedung kerakyatan , jalan Sesama No.30 Jakarta Pusat .
Telepon
: 16045- , email : jalansesama@gmail.com
Dengan ini menyatakan memberi jaminan terhadap mutu dan
pelayanan purna jual dari Sistem Informasi Pengembangan CRM Berbasis Kompetisi
yang telah dibuat sebelumnya .
Dalam rangka pemberian jaminan dimaksud, kami menyanggupi
untuk menyediakan fasilitas Maintenance/ Pemeliharaan sistem selama 1 tahun
pemakaian .
Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sebenarnya,
apabila kami tidak dapat memenuhi jaminan tersebut di atas, kami bersedia untuk
dituntut di pengadilan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku .
Jakarta , 17 Januari 2016
Pemberi Jaminan,
(Esa Saputra Y)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar