1. Definisi dan Pengertian Organisasi
Banyak macam dan ragam
bentuk suatu organisasi mulai dari yang berbentuk kecil hingga organisasi yang
bentuknya besar dan mempunyai suatu tujuan yang berbeda pula, begitu pula
tentang pengertian organisasi itu sendiri. Banyak definisi dan pengertian dari organisasi
yang di paparkan oleh para ahli, berikut adalah beberapa definisi dan
pengertian dari organisasi :
Organisas : penyusunan
dan pengaturan bagian-bagian hingga menjadi suatu kesatuan, susunan dan aturan
dari berbagai bagian sehingga merupakan kesatuan yang teratur, gabungan kerja
sama (untuk mencapai tujuan tertentu).
Kamus modem bahasa
Indonesia M. dahlan Al Barry
Pengertian Organisasi
(didapat dari buku)
1.
Organisai adalah susunan dan aturan dari
berbagai-bagai bagian (orang dsb)
Sehingga
merupakan kesatuan yang teratur . (W.J.S. Poerwa darminta, Kamus Umum Bahasa
Indonesia)
2.
Organisasi adalah system social yang
memiliki identitas kolektif yang tegas, daftar anggota yang terperinci ,
program kegiatan yang jelas dan prosedur pergantian anggota (Janu Murdiyamoko
dan Citra Handayani Sosiologi untuk SMU Kelas I)
Pengertian
organisasi berikut ini didapat dari artikel yang berjudul “Pengertian, Definisi
dan Arti Organisasi - Organisasi Formal dan Informal - Belajar Online Lewat
Internet Ilmu Manajemen” http://organisasi.org
pengertian_definisi_dan_arti_organisasi_organisasi_formal_dan_informal_belajar_online_lewat_internet_ilmu_manajemen)
Menurut
Stoner, organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana
orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
Menurut
James D. Mooney, organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk
mencapai tujuan bersama.
Menurut
Chester I. Bernard, organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih
Selanjutnya,
pengertian di bawah ini diambil dari Wikipedia. Alamat web/halaman:
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
Organisasi
(Yunani: organon - alat) adalah suatu kelompok orang yang memiliki tujuan yang
sama. Baik dalam penggunaan sehari-hari maupun ilmiah, istilah ini digunakan
dengan banyak cara.
Pengertian
di bawah ini diperoleh dari artikel yang berjudul PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN
STRESS DIHADAPKAN DENGAN KONSELING DALAM TINGKAT PRODUKTIFITAS DAN PRESTASI
KERJA SUATU ORGANISASI oleh : Mistiani, S.sos, Puslitbang Strahan Balitbang
Dephan
(http://buletinlitbang.dephan.go.id/index.asp?vnomor=18&mnorutisi=9)
Organisasi
adalah bentuk formal dari sekelompok manusia dengan tujuan individualnya
masing-masing (gaji, kepuasan kerja, dll) yang bekerjasama dalam suatu proses
tertentu untuk mencapai tujuan bersama (tujuan organisasi). Agar tujuan
organisasi dan tujuan individu dapat tercapai secara selaras dan harmonis maka
diperlukan kerjasama dan usaha yang sungguh-sungguh dari kedua belah pihak
(pengurus organisasi dan anggota organisasi) untuk bersama-sama berusaha saling
memenuhi kewajiban masing-masing secara bertanggung jawab, sehingga pada saat
masing-masing mendapatkan haknya dapat memenuhi rasa keadilan baik bagi anggota
organisasi/pegawai maupun bagi pengurus organisasi/pejabat yang berwenang.
Pengertian
selanjutnya diperoleh dari artikel yang berjudul “Manajemen Konflik Dalam
Organisasi” oleh fickry
(http://defickry.wordpress.com/2007/09/13/manajemen-konflik-dalam-organisasi/)
Organisasi
adalah suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan
umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi lewat hirarki otoritas dan
tanggungjawab (Schein). Karakterisitik organisasi menurut Schein meliputi :
memiliki struktur, tujuan, saling berhubungan satu bagian dengan bagian yang
lain untuk mengkoordinasikan aktivitas di dalamnya.
Organisasi
adalah sistem hubungan yang terstruktur yang mengkoordinasikan usaha suatu
kelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu (Kochler).
Organisasi
adalah suatu bentuk sistem terbuka dari aktivitas yang dikoordinasi oleh dua
orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.
2. Manfaat Teori Organisasi
Mari kita berorganisasi. Semua perlu
diorganisasikan. Bagaimana cara kita mengorganisasi? Nah, sebenarnya, apakah
organisasi itu?
Banyak sekali perbincangan yang
mengatasnamakan organisasi, namun beberapa dari kita mungkin hanya mengetahui,
oh ini loh organisasi. Hanya sekedar itukah? Baik, mari kita rangkum dalam
tulisan berikut ini.
Definisi dan Manfaat Organisasi.
Organisasi dapat didefinisikan sebagai suatu pengaturan orang-orang yang
sengaja untuk mencapai tujuan tertentu. Beberapa pengaturan tersebut sudah kita
ketahui terjadi di banyak bidang. Misal pada instansi sekolah, pemerintahan,
kampus, bank. Semua dapat kita jumpai sehari-hari.
Terdapat empat karakteristik utama dari
sebuah organisasi, yaitu: tujuan, kumpulan orang, struktur, sistem dan
prosedur.
Tujuan
Setiap organisasi harus memiliki tujuan.
Tujuan dicerminkan oleh sasaran-sasaran yang dilakukan baik untuk jangka pendek
maupun jangka panjang. Tiga bidang utama dalam tujuan organisasi yaitu
profitability (keuntungan), growth (pertumbuhan), dan survive (bertahan hidup).
Ketiganya harus berjalan berkesinambungan demi kemajuan organisasi.
Kumpulan Orang
Jelas, tidak mungkin jika organisasi
hanya terdiri dari satu orang yang ingin mencapai tujuannya sendiri. Dari
definisi dijelaskan bahwa organisasi setidaknya terdiri dari kumpulan orang,
berarti minimal dua, yang memiliki tujuan bersama.
Struktur
Struktur dibentuk dalam sebuah
organisasi dengan tujuan agar posisi setiap anggota organisasi dapat
dipertanggungjawabkan, mengenai hak maupun kewajibannya. Struktur dibentuk agar
organisasi berjalan rapi, karena terdapat struktur komando, siapa yang
berwenang dan siapa yang diberi wewenang.
Sistem dan Prosedur
Karakteristik yang terakhir ini
menggambarkan bahwa sebuah organisasi diatur berdasarkan aturan-aturan yang
ditetapkan bersama dan tentu saja harus dengan penuh komitmen dalam
menjalankannya. Implementasi dari sistem dan prosedur ini ialah adanya
ketetapan mengenai tata cara, sistem rekrut, dan birokrasi.
Faktor lingkungan sangat berpengaruh
terhadap eksistansi suatu organisasi. Organisasi cenderung memainkan peran
menyesuaikan dengan keadaan lingkungan, entah itu demografi, ekonomi, politik,
budaya, juga alam sekitar. Jadi, kemajuan organisasi harus selaras dengan
perubahan lingkungan.
Beberapa manfaat organisasi yaitu:
1.Organisasi sebagai penuntun pencapaian
tujuan. Pencapaian tujuan akan lebih efektif dengan adanya organisasi yang
baik.
2.Organisasi dapat mengubah kehidupan
masyarakat. Contoh dari manfaat ini ialah, jika organisasi bergerak di bidang
kesehatan dapat membentuk masyarakat menjadi dan memiliki pola hidup sehat.
Organisasi Kepramukaan, akan menciptakan generasi mudah yang tangguh dan
ksatria.
3.Organisasi menawarkan karier. Karier
berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan. Jika kita menginginkan karier
untuk kemajuan hidup, berorganisasi dapat menjadi solusi.
4.Organisasi sebagai cagar ilmu
pengetahuan. Organisasi selalu berkembang seiring dengn munculnya
fenomena-fenomena organisasi tertentu. Peran penelitian dan pengembangan sangat
dibutuhkan sebagai dokumentasi yang nanti akan mengukir sejarah ilmu
pengetahuan.
3. Tulis Pengalaman Anda Dalam Organisasi
pengalaman saya dalam berorganisasi, saya mengikuti organisasi dari saya sejak di bangku SMP sampai SMA, banyak yang saya ikuti dalam berorganisasi di sekolah seperti : Osis, Paskibraka, PMR, dan Pramuka, tapi saya lebih menyenangi berorganisasi di Osis dan Paskibra, karena dalam organisasi tersebut di ajarkan bersikap tegas dalam melakukan setiap hal, dapat membentuk jati diri lebih baik, mudah berbaur dalam suatu kumpulan yang berbeda-beda, berani untuk mengungkapkan dalam berpendapat, dan mudah untuk bersosial tidak cuma di dalam sekolah saja sampai ke sekolah lain pun juga misalnya mengadakan latihan persahabatan dengan sekolah lain, atau megikuti lomba-lomba. itu yang membuat saya menyukai yang namanya Organisasi.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar